Melanjutkan lagi pembelajaran tentang Delapan Prinsip Manajemen Mutu,
ya yang paling tidak bisa kita ambil intisarinya, menilai apa yang terjadi di dalam organisasi/perusahaan tempat kita bekerja dan memberi kontribusi positif sesuai Prinsip Manajemen Mutu yang dimaksud.
3. Keterlibatan Orang (Involvement of People)
Karyawan pada semua tingkatan merupakan faktor sangat
penting dari organisasi dan keterlibatan penuh dari mereka memungkinkan kemampuannya dapat dipergunakan untuk keuntungan organisasi.
Maksud dari prinsip ini adalah tidak mungkin dipungkiri bahwa kontribusi efektif dan efisien dari setiap orang merupakan suatu energi(sinergi) yang sangat besar dalam menggerakkan dan juga mengembangkan suatu organisasi/perusahaan.
Quality happens through people, NOT by the system itself.
People create satisfied Customers, NOT by product itself.
Kata orang sih :) 'Sumber Daya Manusia adalah Asset paling berharga/termahal dari suatu Organisasi/Badan Hukum/Perusahaan', tapi bagaimana kenyataannya? Hmmm coba kita kupas lebih jauh...
Quality happens through people, NOT by the system itself.
People create satisfied Customers, NOT by product itself.
Kata orang sih :) 'Sumber Daya Manusia adalah Asset paling berharga/termahal dari suatu Organisasi/Badan Hukum/Perusahaan', tapi bagaimana kenyataannya? Hmmm coba kita kupas lebih jauh...
Untuk menerapkan prinsip ini maka dapat dilakukan hal-hal berikut:
1. Pimpinan harus memahami akan pentingnya kontribusi dan peranan karyawan dalam
perusahaan, menghargai pendapat, membuat suatu media (meeting, kotak saran, training, dll) memberikan kesempatan dan energi & sinergi yang positif di dalam pekerjaannya tetapi tetap dalam kontrol yang objektif dari pimpinan.
2. Adanya penghargaan dan evaluasi yang terstruktur dan terukur dengan jelas. Perlu dipahami bahwa penghargaan bukan hanya melulu dengan UANG, uang memang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan. Tetapi uang tidak bisa menggantikan perasaan dihargai dari pimpinan ataupun adanya saling menghargai dan kerjasama yang baik diantara karyawan itu sendiri.
3. Dari sisi karyawan itu sendiri juga harus lebih pro-Aktif dalam memberikan pemikiran2 dan tindakan2 positif sebagai kontribusi untuk lebih meningkatkan produktifitas (efesiensi dan efektifitas) perusahaan, tidak hanya selalu menuntut lebih tanpa kontribusi yang berarti :)
4. Pendekatan Proses (Process Approach)
4. Pendekatan Proses (Process Approach)
Hasil yang diinginkan akan dicapai lebih efisien bilamana sumber daya dan aktifitas dikelola sebagai suatu
proses.
Kita harus menetukan input dan output dari setiap aktifitas proses didalam suatu perusahaan atau organisasi. Proses harus dapat memastikan pencapaian hasil yang diinginkan dan berapa sumberdaya yang diperlukan. Dengan evaluasi yang berkelanjutan dan konsisten(continual improvement) hal ini akan membantu dalam hal mengurangi biaya dan mencegah terjadinya kegagalan.
Input >> Proses >> Output
Input >> Proses >> Output
Hmmm betul betul itu gan... loyalitas dalam perusahaan juga perlu kan gan???
ReplyDelete